[Review] TP-Link TL-MR3420 - 3G Hotspot Router

Hello, long time no see.. Kali ini saya kembali dengan ulasan seputar Router TP-Link TL-MR3420, dari mulai First Look sampai tahap instalasinya. Sampai saat ini, seri TL-MR3420 adalah salah satu dari 2 tipe Wireless 3G Router yg dimiliki oleh TP-Link. Fungsi utamanya tentu adalah men-sharing koneksi ADSL & 3G USB modem anda untuk beberapa perangkat sekaligus, kali ini saya akan membahas konektivitas Router ini dengan 3G USB modem.
General Info : http://www.tp-link.com/en/products/details/?categoryid=218&model=TL-MR3420#over
Compatibility List : http://www.tp-link.com/common/subject/3g-router/compatible/list/?siteid=1
User Guide (Tutorial Instalasi) : http://www.tp-link.com/en/support/download/?model=TL-MR3420&version=V1
First Look :
Body TL-MR3420 dihiasi oleh kombinasi warna putih dan hitam, sekilas model dan warna Router ini tidak jauh berbeda dengan TL-MR3220 atau TL-WR1043ND dari kelas yg berbeda. Di sisi depan terdapat berbagai macam lampu indikator plus tombol QSS (Quick Setup Security), sementara di sisi belakang terdapat 2 jack antenna, jack power, USB slot untuk modem, 1 port WAN, 4 port LAN serta tombol reset.
Testing :
Alat yg digunakan :
  • 2 PC (Windows 7 x64 OS & Windows XP x86) w/ LAN port
  • 3G Modem ZTE AC682*
  • Beberapa gadget yg mempunyai Wi-Fi
*Perlu diperhatikan bahwa Modem ZTE AC682 tidak terdaftar di compatibily list Router ini, namun sudah tersedia file configuration agar modem ini dikenali Router.
Untuk Test koneksi Router, saya menggunakan PC dengan koneksi LAN dan gadget seperti BB 9700, Samsung Galaxy Ace dan PSP Go yg mempunyai Wi-Fi. Koneksi via LAN di PC pertama tidak ada hambatan sama sekali, begitu jg dengan PC kedua yg ditest, hanya tinggal rubah mode Internet Protocol (TCP/IP) menjadi otomatis. Koneksi Wi-Fi jg cukup mudah, cukup aktifkan Wi-Fi di device yg digunakan lalu scan & connect, jangan lupa masukkan security password jika sudah di-set saat setup. Saat dites, PSP Go ternyata tidak men-support versi security WPA2-PSK, jadi tinggal rubah tipe Security menjadi WPA-PSK.
Hal lain yg saya tes adalah kekuatan jangkauan sinyal. Kali ini saya lakukan tanpa alat penguat sinyal tambahan, untuk alat ukur saya hanya menggunakan PSP Go yg notabene memiliki indikator persen (dibandingkan dengan gadget lain yg hanya berupa bar). Saya meletakkan Router di bagian tengah lantas 2 (lantai atas) rumah, lalu saya coba mengkoneksikan PSP dari berbagai tempat termasuk teras depan & belakang (2 titik yg bertolak belakang dengan jarak sekitar 20m dari Router). Signal Strength berkisar diantara 50-60% saat dites di 2 lokasi tersebut, sedikit lebih jauh dengan terhalang tembok tambahan, sinyal drop hingga ke angka 20%. Untuk ruangan indoor seperti ruang keluarga atau kamar tidur, persentase sinyal dapat mencapai 70-100%. Overall, tidak ada kendala sinyal bagi saya.
Tentu hasil tes ini tidak bisa jadi acuan karena perbedaan tata ruang, penempatan Router atau mungkin interfensi dari benda elektronik yg berbeda². Hal ini bisa diakali dengan menggunakan antena yg memiliki gain (dBi) lebih tinggi, Repeater atau Booster. Perhatikan jg penempatan benda wireless lain yg memiliki frekuensi 2,4 GHz.

16 comments:

  1. Oke...tp tlng kasih caranya nyetingnya gan....q msh bingung ni dah tak kutak-kutik blm konek jg...
    Ni q dah beli mr 3420 dan ac 682

    ReplyDelete
  2. kalo tanpa password hotspot-nya Gan?

    ReplyDelete
  3. @duldadi
    modemnya sudah dikenali router belum? kalau belum coba download file konfigurasi lalu upload ke routernya

    @Nugraha
    akses router -> Wireless -> Wireless Security -> Disable Security

    ReplyDelete
  4. kalo untuk sharing internet sekaligus sharing file bisa gak nih router ini?

    ReplyDelete
  5. @peletjepang
    bisa untuk sharing koneksi / file via WLAN / LAN ke beberapa PC sekaligus.

    ReplyDelete
  6. gan...kalo tu ditaruh ditempat yg g da sinyal 3Gnya bisa g?
    tolong pencerahannya ga....

    ReplyDelete
  7. ^
    routernya gak masalah, yg pengaruh itu modemnya.
    selain port USB untuk modem jg ada port untuk ADSL, bisa buat alternatif jaringan 3G.

    ReplyDelete
  8. boleh minta file bin utk ac682-nya?...mediafire sedang ada masalah sepertinya...ke oom.ikhsan@gmail.com...trima kasih byk...

    ReplyDelete
  9. saya juga pakai MR3420 + Modem Smart AC682.
    setiap kali nyalain MR3420, kira2 berapa lama dia identifying modemnya? punya saya bisa sampai 5 menit-an lebih baru ke detect dan keluar bar sinyalnya.

    ReplyDelete
  10. @deddysan
    disini jg sekitar 3-5 menit. Firmware terbaru dari tp-link.com sudah memasukkan AC682 dalam compatibility list. nanti akan saya cek sebelum diinfokan kembali di post ini.

    @Ikhsan
    silahkan coba akses Mediafire-nya lagi :)

    ReplyDelete
  11. cara mengatasi router tp link 3420 yang gk mau nyala gmn gan? minta petunjuk

    ReplyDelete
  12. I love the way you write and share your niche! Very interesting and different! Keep it coming! Cotx-x3 helium hotspot miner

    ReplyDelete
  13. The hosting company normally also processes payment for Internet access. These services normally work on a revenue sharing basis where the hosting company pay the hotspot owner a percentage of the income from the hotspot. free helium hotspot miner

    ReplyDelete

Powered by Blogger.